Senin, 23 Desember 2013

TIPS SEPUTAR RUMAH TANGGA BAHAGIA


Setiap manusia normal di dunia ini, pasti menginginkan keluarga yang bahagia, dalam perkawinan atau pernikahan pasti bertujuan untuk mencapai tatanan keluarga yang sakinah, mawaddah wa rahmah. Namun jalan menuju kesitu tidak selalu mudah dan mulus, karena di dalamnya akan banyak dijumpai permasalahan – permasalahan yang penuh dinamika serta membutuhkan konsentrasi ekstra untuk memecahkan masalah tersebut.


          Bagaimana suatu ikatan rumah tangga mengantisipasi permasalahan – permasalahan yang akan muncul sehingga hubungan suami isteri akan tetap senantiasa rukun sampai ajal memisahkan? Berikut ini ada beberapa tips yang perlu dicoba untuk memperkuat ikatan tali cinta suami dan isteri:

Pertama, antara suami dan isteri sudah melebur menjadi satu walaupun tetap merupakan individu yang terpisah dan berbeda. Dari sini, banyak orang berfikir bahwa mereka harus bisa menikmati semua hal secara bersama – sama, padahal yang harus disadari adalah, mereka tetap sebagai individu yang berpisah, yang membutuhkan ruang dan waktu pribadi untuk diri sendiri. Jadi sepasang suami isteri seharusnya mulai belajar menyusun jadwal kegiatan apa saja yang harus di selesaikan secara individu dan secara bersama – sama dengan pasangan

Kedua, Antara suami dan isteri harus selalu berkomunikasi dengan baik, karena faktor komunikasi merupakan salah satu pilar dari langgengnya hubungan suami isteri. Bila komunikasi antara suami isteri sudah hilang, maka hilanglah pula salah satu pilar rumah tangga, ibarat mobil maka komunikasi adalah rodanya, jangan harap ikatan rumah tangga akan berjalan dengan tenang bila tidak ada komunikasi yang efektif, ibarat mobil tidak mungkin berjalan dengan normal apabila rodanya tidak lengkap.

Ketiga, Adalah rasa saling percaya, tanpa ada rasa curiga antara satu terhadap yang lainnya. Bagaimana rumah tangga bisa berjalan dengan normal apabila tidak ada kepercayaan antara mereka, sehingga masing - masing pasangan merasa selalu dicurigai dan diawasi. Namun demikian setelah diberi kepercayaan, maka ia harus bisa menjaga komitmen dan mempertanggung jawabkan kepercayaan tersebut kepada pasangannya. Dengan rasa saling percaya antar pasangan akan mengantarkan pada perasaan damai dan nyaman. Dengan semakin percaya kepada pasangan berarti pula telah menjalani kehidupan rumah tangga secara dewasa.

Keempat, Pandai menjaga rahasia, karena dalam berumah tangga, tidak semua permasalahan yang terjadi harus diceritakan kepada orang lain. Memang ada hal yang bisa diceritakan namun ada hal yang tidak perlu diceritakan, terutama hal yang menyangkut “urusan dalam negeri”  yang memang harus betul betul dijaga kerahasiannya.

Kelima, Senantiasa bersyukur, karena Allah SWT sudah berjanji, akan menambah nikmat bagi orang – orang yang pandai bersyukur. Yakinlah bahwa semua yang kita miliki sekarang adalah yang terbaik bagi kita menurut Allah SWT.

Keenam, Cari Hobi bersama yang sekiranya bisa dilakukan secara bersama – sama. Dengan demikian maka segala perasaan, emosi dan lainlainnya akan dengan sendirinya bisa tercurahkan kepada pasangan.

Ketujuh, Jangan pernah mengubah pasangan kita, terimalah dia dengan apa adanya karena dengan semakin banyak menuntut pasangan harus begini dan harus begitu akan membuat pasangan merasa kesal.

Kedelapan, Menjaga Romantisme, yaitu menjaga komunikasi dengan pasangan dan pandai memanfaatkan momen – momen tertentu untuk menciptakan hal yang romantic. Misalnya berjalan memegang tangan, memberikan sekuntum bunga, atau berjalan – jalan menuju tempat yang romantic. Yang memungkinkan untuk memercikkan kembali rasa cinta diantara suami dan isteri.

Kesembilan, Saling memuji dan memperhatikan, karena pujian akan sangat besar pengaruhnya, kata – kata yang bersifat pujian akan semakin menguatkan tali cinta suami isteri, dan hindarilah perilaku saling mengolok dan menjatuhkan. Misalnya: “ Wah… Masakan mama enak bener hari ini, rasanya aku lapar dan pengin makan terus” begitu juga sebaliknya misalnya: “ Wah… Papa keren banget kalau pakai dasi ini” dan sebaginya. Ucapan yang  bersifat pujian akan melahirkan dorongan semangat yang luar biasa kepada pasangan. Buktikan…!
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar