Rabu, 13 November 2013

KELUARGA SAKINAH 1



Sambungan dari keluarga sakinah 1

Oleh karena cari 3-4 orang yang golongan darahnya sesuai dengan ibu hamil yang suatu saat bersedia menjadi donor darah.

Apa tanda-tanda ibu hamil dalam keadaan berbahaya ?
Jika ibu hamil mengalami salah satu keadaan, maka ibu dan janin yang dikandung dalam keadaan berbahaya.
Segera periksakan ke bidan, puskesmas atau rumah sakit yang terdekat. Jangan ditunda-tunda.
       Tanda – tanda itu adalah :
o       Badan panas lebih dari 2 hari
o       Sakit kepala terus menerus.
o       Batuk bercampur darah.
o       Gerakan janin tidak terasa.
o       Bengkak yang berat dimulai dari tungkai kaki dan muka.
o       Kejang-kejang.
o       Keluar darah dari organ kewanitaan.
o       Usia kehamilan melebihi batas normal ( 9 bulan 10 hari).

Apa kegiatan ibu selama hamil  ?
       Selama hamil tetap melaksanakan kegiatan sehari-hari asalkan tidak terlalu berat.
       Lakukan senam hamil untuk memperlancar persalinan (minta petunjuk dari bidan).
       Ikuti pertemuan dengan bidan atau kelompok Ibu PKK yang membahas  mengenai segala sesuatu tentang kehamilan, perawatan anak dan keluarga sakinah.
       Hubungan intim dengan suami dapat dilakukan seperti biasa. Akan tetapi harus diingat, hamil muda (0-3 bulan)  dan hamil tua (8—9 bulan) hubungan intim dengan suami harus dilakukan dengan sangat hati-hati. Allah SWT. berfirman:
Artinya: “ dialah yang menciptakan kamu dari zat yang satu dan dari pada-Nya Dia menciptakan isterinya, agar dicampurinya, isterinya itu mengandung kandungan yang ringan, dan teruslah dia merasa ringan (beberapa waktu). Kemudian tatkala dia merasa berat, keduanya (suami-issteri) bermohon kepada Allah, Tuhannya seraya berkata: “ Sesungguhnya jika Engkau memberi kami anak yang saleh, tentulah kami termasuk orang-orang bersyukur”. (QS. Al-A’raf : 189).
Apa makanan sehat bagi ibu hamil ?
       Pada waktu hamil muda.. ibu seringkali mual dan muntah. Upayakan untuk tetap makan. Makanlah sedikit-sedikit tetapi sering.
       Makanan terbaik bagi ibu  hamil adalah mengandung gizi seimbang.
       Pilih selalu bahan makanan yang segar, yang baik dan halal.
       Makan tiga kali sehari dengan porsi / jumlah yang cukup, ditambah makanan selingan 2 kali sehari. Ingat yang memanfaatkan makanan ibu adalah 2 orang (ibu dan janinnya).
       Jangan lupa selalu menutup makanan yang ada di meja. Dan cucilah tangan dengan sabun sebelum menyentuh makanan.
       Gunakan garam beryodium.
Apakah ibu hamil harus pantang makanan?
       Ibu hamil harus makan lebih banyak dan lebih sering. Ikan, telor, kacang-kacangan, daging, sayur dan buah – buahan yang sangat diperlukan.
       Ibu hamil pantang merokok dan minuman keras. Suami tidak dianjurkan merokok di dekat ibu hamil atau bayinya. Asap rokok itu akan mempengaruhi janin yang dikandungnya.
Firman Allah SWT :
Artinya: “ Maka hendaklah manusia itu memperhatikan makanannya. Sesungguhnya Kami benar-benar telah mencurahkan air (dari langit), kemudian kami belah bumi dengan sebaik-baiknya. Lalu Kami tumbuhkan biji-bijian di bumi ini, anggur dan sayur-sayuran, zaitun dan pohon kurma, kebun-kebun yang lebat,  dan buah-buahan serta rumput-rumputan, untuk kesenangan dan untuk binatang binatang ternakmu. (QS. Abasa : 24-32).
Menjaga kebersihan badan
       Rasulullah telah banyak mengajarkan mengenai kebersihan. Ajaran itu harus diikuti dan dilaksanakan oleh ummatnya, termasuk ibu hamil dan keluarganya.
Artinya: “ Islam itu bersih, maka peliharalah kebersihan karena sesungguhnya orang tidak masuk  sorga kecuali yang bersih “. )HR. Dailami).
Ada upaya-upaya pemeliharaan kebersihan dan kesehatan badan a.l. :
1.      Mandi dengan sabun secara teratur, minimal dua kali sehari.
Artinya:” Mandi adalah merupakan keharusan bagi setiap muslim dan tujuh hari juga memersihkan rambut dan tubuhnya. (Al Hadits).
2.      Memotong kuku karena akan menjadi sarang penyakit.
Artinya:” Potonglah kukumu, karena syaitan sering bersarang pada kuku yang panjang” ( Al. Hadits).
3.      Mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah makan, akan dan bangun tidur, serta setelah buang air besar.
Artinya:” Cucilah tanganmu sebelum dan sesudah makan, makanan itu akan berkat kalau berwudlu sebelum dan sesudah makan”. (Al.Hadits).
Artinya :” Barang siapa yang tidur, sedang ditangannya masih ada sisa makanan, maka dia telah mencelakakan dirinya sendiri”.( Al.Hadits).
4.      Menggosok gigi minimal 2 kali sehari
Artinya:” Kalaulah bukan Karena cemas akan memberatkan ummatku, akan aku perintahkan mereka untuk menggosok gigi dengan siwak setiap akan shalat”. (Al. Hadits).
5.      Merawat dan mencuci rambut.
Atha’ bin Yassir sahabat rasulullah meriwayatkan : Pernah seseorang dating menghadap Rasulullah saw. Dengan rambut dan jambang yang kusut masai. Rasulullah saw. Menyuruh orang tersebut mencuci dan menyisir rambutnya. Anjuran itu dilaksanakannya, kemudian Rasulullah saw. Bersabda :
Artinya : “ Bukankah begini lebih baik dari pada kami dating dengan rambut kusut masai seperti syaitan “ (HR. Atha’ bin Yassir).
6.      Buang hajat di WC / kakus tidak disembarang tempat (sungai, kebun, bawah pohon dll).
Rasulullah SAW. Bersabda :
Artinya : “ Peliharalah dirimu dari 3 sebab datangnya malapetaka; berak di sumber air, di tempat peristirahatan / perlindungan, dan di jalanan (Al-Hadits).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar