Sabtu, 19 Oktober 2013

KEWAJIBAN ANAK TERHADAP ORANG TUA



Di dalam suatu rumah tangga, anak adalah genersi penerus keberlangsungan keluarga tersebut,
Anak adalah harapan semua orang tua, semua itu bisa terealisasi dengan baik, anak akan benar benar sesuai dengan harapan orang tua apabila anak betul betul menyadari dan memahami tentang tugas dan kewajibannya sebagai seorang anak kepada orang tua. Adapun kewajiban anak terhadap orang tua antara lain:
1.  Bebuat baik / mentaati orang tua saat masih hidup dengan melaksanakan:
a. Mentaati semua perintahnya, kecuali perintah menyekutukan Allah (Syirik), yaitu yang berkenaan dengan kepalsuan dan kejahatan:
Firman Allah swt:
وَوَصَّيْنَا الْإِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ حَمَلَتْهُ أُمُّهُ وَهْنًا عَلَىٰ وَهْنٍ وَفِصَالُهُ فِي عَامَيْنِ أَنِ اشْكُرْ لِي
 وَلِوَالِدَيْكَ إِلَيَّ الْمَصِيرُ
Artinya: “Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu”. (QS. Luqman: 14)

وَإِنْ جَاهَدَاكَ عَلَىٰ أَنْ تُشْرِكَ بِي مَا لَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ فَلَا تُطِعْهُمَا ۖ وَصَاحِبْهُمَا فِي الدُّنْيَا مَعْرُوفًا ۖ وَاتَّبِعْ سَبِيلَ مَنْ أَنَابَ إِلَيَّ ۚ ثُمَّ إِلَيَّ مَرْجِعُكُمْ فَأُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ
Artinya: “Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan dengan Aku sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah kamu mengikuti keduanya, dan pergaulilah keduanya di dunia dengan baik, dan ikutilah jalan orang yang kembali kepada-Ku, kemudian hanya kepada-Kulah kembalimu, maka Kuberitakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan”. (QS. Luqman: 15)                                                                                                     
     b.  Berkata yang baik dan sopan, tidak berkata kotor / kasar.
      Firman Allah swt:
وَقَضَىٰ رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوا إِلَّا إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا ۚ إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ أَحَدُهُمَا أَوْ كِلَاهُمَا
 فَلَا تَقُلْ لَهُمَا أُفٍّ وَلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَهُمَا قَوْلًا كَرِيمًا
      Artinya: “Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia”.  (QS Al Isro’ : 23)
c.  Mendoakan orang tua agar mereka disayang allah dan diampuni dosanya.
     Firman Allah swt:
وَاخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ الذُّلِّ مِنَ الرَّحْمَةِ وَقُلْ رَبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا.
“Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah, ‘Wahai Tuhanku,kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil’.” (Qs. Al Israa’ [17]:24)

2.  Berbakti kepada orang tua sesudah wafat, dengan cara:           
a. Melaksanakan shalat jenazahnya.
b. Memohonkan ampunan baginya.
c. Menyelesaikan janjinya.
d. Menghormati sahabatnya.
e. Melanggengkan silaturrahim yang telah terjalin selama hidupnya.
    Sabda Rasulullah SAW:
جاء رجل  فقال يا رسول الله هل بقي  من بر  ابوي شيئ ابرهما به بعد موتهما؟ قال: نعم,
الصلاة عليهما والاستغفار عليهما وانفاذعهدهماواكرام صديقهما  وصلة الرحم التى  لاتوصل الا بهما (رواه ابوداود)
Artinya: “ Pada Suatu masa, dating seseorang lalu berkata, ya Rasulullah SAW, Adakah kebaikan yang boleh saya kerjakan untuk kedua orang tuaku sesudah wafat? Rasulullah SAW bersabda: Ada, yaitu mensholati jenazahnya, memohonkan ampun baginya, menyelesaikan janjinya, menghormati sahabatnya, dan melanggengkan silaturrahim yang telah terjalin selama hidupnya. ( HR. Abu Dawud).

Yang perlu diingat oleh seorang anak adalah bahwa kasih saying orang tua terhadap anak sepanjang jalan yang tidak berujung. Dan jangan sampai kasih sayang anak terhadap orang tua hanya sepanjang gala. Semua apa yang dilakukan terhadap kebaikan orang tua usahakan tidak memakai perhitungan. Mudah mudahan bermanfaat, aminnnn…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar