Kamis, 24 Oktober 2013

MEMPERSIAKAN SEKOLAH UNTUK SANG BUAH HATI


Semua orang tua pasti menginginkan sekolah yang berkualitas untuk pendidikan anaknya, orang tua berlomba – lomba untuk mencari sekolah yang bonafit untuk anaknya, bahkan mereka rela mengeluarkan biaya yang besar untuk memasukikan anaknya ke sekolah yang dianggap bagus dan berkualitas. Setidaknya dalam hal ini yang perlu diperhatikan oleh orang tua adalah visi dan misi sekolah yang akan dituju.  Sesuaikah visi dan misi sekolah tersebut dengan pandangan pendidikan di keluarga dan harapan orang tua? Disamping itu kondisi sekolah, termasuk kelengkapan sarana dan prasarana disekolah yang akan dituju. Dalam hal ini yang perlu diperhatikan serius oleh orang tua adalah: Kemapmpuan finansial untuk membiayai putera / puterinya disekolah tersebut juga harus melihat kedepan : seberapa besar dampak yang bisa diberikan oleh sekolah tersebut bagi pertumbuhan kecerdasan kognitif dan emosional secara seimbang. Jika sudah mempertimbangkan keriteria tersebut, ada hal penting yang lain yang harus dipertimbangkan orang tua untuk mengambil keputusan.
Libatkan Anak Saat Memilih Sekolah
Dalam hal ini anak – anak harus dilibatkan agar mereka bisa melihat situasi sekolahnya dan pola belajar di sekolah itu. Saat mendatangi sebuah sekolah, ajaklah anak untuk mengetahui fasilitas yang ada di sekolah tersebut. Lalu ajaklah anak untuk berbicara dari hati ke hati untuk mengetahui apa yang menarik dan menyenangkan baginya. Bertanyalah untuk mengenal “ Penilaiannya “.
Apa Saja Yang Dibutuhkan Anak ?
Sekarang banyak sekolah yang beragam untuk mempromosikan program unggulannya dalam rekrutment siswa. Yang terpenting adalah, anak menyukai pola pengajaran di sekolah yang di tuju Karena sebagus apapun sekolah yang di tuju (versi orang tuanya) tetapi sang anak tidak menyukai pola pembelajarannya, maka tidak akan berdampak baik terhadap perkembangan psikologis anak. Anak – anak memiliki kebutuhan dan kecerdasan yang berbeda – beda. Sehingga sebagai orang tua harus mengetahui kelebihan dan kebutuhan masing – masing anak untuk memilih sekolah dan pendidikan yang tepat. bisa jadi cocok untuk anak A tapi tidak cocok untuk anak lainnya  atau sebaliknya (relatif).
Jangan Salah Memilih Sekolah Untuk Anak
Berbagai pilihanpun disuguhkan di depan mata kita sebagai orang tua, kali ini tidak Cuma membahas soal biaya dan jarak tempuh seperti yang dilakukan orang tua kita dulu saat kita masih kecil. Di kota – kota besar, pilihan sekolah tidak sesederhana itu lagi meski keduanya tetap menjadi factor yang utama. Namun sebagai orang tua senaiknya jangan tergoda  dan teriming – imingi oleh promosi program unggulan ini dan unggulan itu. Yang terpenting adalah orang tua harus harus bisa memegang prinsip dalam mengambil keputusan. Para orang tua harus mampu memilih sekolah untuk anak, bukan anak untuk sekolah, ini yang sangat penting untuk diketahui oleh setiap orang tua.
Orang tua bis menekan kemungkinan dampak anak menjadi enggan bersekolah atau school –phobia, Kenali kebutuhan anak anda dan carilah sekilah yang bisa membuat anak belajar dengan senang dan tidak stress. Sehingga anak memang sangat perlu untuk dilibatkan oleh orang tua dalam mencari atau memilih sekolah.
Orang tua mungkin bisa menilai dan melihat kalau anaknya sudah lebih cerdas jika dibandingkan dengan anak lain yang seusianya sehingga orang tua merasa suah perlu anaknya disekolahkan. Namun, bisa jadi itu bukan pertimbangan yang baik untuk masa depan anaknya.
“ Anak- anak memiliki kebutuhan dan kecerdasan yang berbeda – beda
. Orang tua harus mengenali kelebihan dan kebutuhan masing – masing
anak untuk memilih sekolah dan tingkatan pendidikan yang tepat”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar